Mengecilkan Ukuran Pdf Menjadi 100 Kb

Cara Menyusutakan Ukuran Pdf Menjadi Kecil
Mengecilkan Ukuran Pdf Menjadi 100 Kb - Selamat malam sobat, tak terasa waktu sangat cepat berlalu dan kini sudah lebaran, hehe minalaidinwalfaizin ya buat para bembaca blogjeems yang udah mampir kesini.

OK Yaps pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tulisan tutorial tentang trik seputar pdf, pdf.. siapa yang gak kenal format extensi dokumen yang satu ini.?

Format yang sering di pakai untuk pertukaran informasi dokumen baik melalui email, whatsapp telegram ataupun aplikasi internet lainya.

Pdf sendiri adalah kependekan dari Portable Document Format, dan file extension ini di kembangkan pertama kali oleh adobe systems, biasanya di dalam pdf itu sendiri terdiri dari text dan juga gambar, atau bahkan video.

Dulu awal rilis format pdf ini kurang diminati oleh pengguna, dikarenakan kalah saing oleh program microsoft office, namun seiring dengan waktu para pengguna mulai menyadari bahwa format pdf lebih mudah untuk digunakan.

Dalam hal apa saja.? di antaranya, format pdf sangat flexible digunakan untuk sistem operasi selain windows, bisa beradaptasi di linux, dan juga android untuk jaman sekarang.

Namun walaupun sangat flexible dan menjadi pilihan ada salah satu hal yang menjadi kekurangan format pdf ini, yaitu ketika isi halaman pada dokumen pdf sangat banyak ukuran file pdfpun akan semakin besar.

Dan itu akan menjadikan masalah baru terhadap pertukaran informasi yang memiliki kebijakan, seperti email misal, pada kebijakan pertukaran informasi melalui email ada beberapa yang menerapkan batas minimal dan maksimal attachment (Lampiran).

Batas ukuran attachment atau lampiran ini biasanya berlaku untuk email keluar dan email masuk, sebut saja masing-masing kebijakan ukuran email masuk dan keluar adalah 100 Kb misal.

Lalu bagaimana kita bisa mengirim email dengan pdf ukuran lebih dari itu, apakah bisa.? jawabanya tidak bisa karena sudah jelas pada pengaturan kebijakan hanya 100 Kb saja.

Itu adalah masalah yang sering kita sering temui, tidak bisa kirim email dikarenakan ukuran pdf terlalu besar, dan sobat biasanya akan mencari cara untuk mengecilkan ukuran pdf supaya bisa lebih kecil, agar pdf tersebut bisa terkirim.

Benar sekali itu adalah solusinya, namun terkadang cara-cara yang sobat lakukan tidak benar-benar sesuai harapan, seperti ukuran file pdf yang di kecilkan tidak terlalu jauh menyusutnya contoh dari 1000Kb hanya menjadi 800Kb :( Putus asa terkadang.

Tapi Jangan khawatir sobat tepat mampir ke blog saya, saya akan kasih cara bagaimana cara mengecilkan ukuran pdf menjadi 100Kb, tapi sebelum mengikuti cara ini pastikan sobat sudah mempunyai software Nitro pdf ya.

Pada kasus saya, saya menggunakan file hasil scan dokumen Cv yang  total ukuranya -+ 600Kb akan saya jadikan 100Kb.

Cara Mengecilkan Ukuran Pdf Menjadi 100 Kb

  1. Klik kanan pada 2 dokument yang akan dijadikan pdf menjadi 100Kb
  2. Pilih Combine With Nitro
  3. Klik Setting
  4. Pada Make PDF File Rubah Menjadi : Web Ready (smaller file size)
  5. Klik Create
  6. Tunggu Sampai Selesai
  7. Hasil Bisa Dilihat Dari Before dan Afternya
File Before Saya Buat dengan cara biasa tanpa menggunakan pilihan "Web Ready"

Semoga Bermanfaat ^_^ hehe, Jika Masih Belum Paham Silahkan Bertanya Di Kolom Komentar Yang Sudah Di Sediakan.

1/Post a Comment/Comments

  1. Akhirnya ketemu juga artikel yang gue cari, makasih gan work.. joss

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post

FTTH