Cara Menambahkan atau Resize Hardisk di Virtual Box VDI

Catatan kecil tentang virtualbox, sekedar untuk pengingat aku aja inimah hehe, kalian pernah kan nginstal2 windows linux atau pun os sejenisnya di virtual box.? jawabanya pasti pernah, virtual box adalah salah satu aplikasi gratis yang bisa membantu kita untuk melakukan pembelajaran installasi sistem operasi secara virtual ataupun hal lainya bisa juga seperti untuk trail software dll.

Untuk pemula installasi virtualbox tidak lah terlalu sulit, kerena aplikasi sudah dengan GUI yang friendly, akan tetapi untuk pembuatan virtual windows misalnya ada beberapa user newbi (pemula) yang masih bertanya ketika ada case kecil yang dia dapatkan, misal yang akan aku tulis disini adalah tentang case ketika kita salah membuat kapasitas hardisk pada virtualbox yang mengakibatkan space freenya sangat minim jadi walaupun kita sudah sukses installasi windows pada virtualbox akan tetapi space hardisknya tidak mencukupi untuk installasi software aplikasi lainya seperti office pdf dll.

Sebenarnya solusi untuk case di atas simple yaitu kita tinggal build ulang saja windows baru dengan kapasitas hardisk yang lebih besar, dan selesai casenya, akan tetapi bagaimana kalau user ingin menambahkan kapasitas hardisk pada virtual box yang sudah terinstall windows, apakah bisa..? Jawabanya bisa, untuk meresize atau menambahkan kapasitas pada hardisk virtual box VDI cukup mudah, caranya adalah dengan menggunakan syntac atau perintah di bawah ini dan mengeksekusinya pada CMD, ikuti langkahnya seperti dibawah ini :

1. Buka command prompt
2. Masuk ke folder berikut copy paste aja biar cepet
3. cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox 
Perintah di atas untuk masuk folder virtualbox)
4. VBoxManage list hdds 
Perintah di atas untuk melihat kapasitas hardik yang sudah terinstall di virtualbox
5. VBoxManage modifyhd "D:\HYUNDAI-VM/HYUNDAI-7.vdi" --resize 30000 
Perintah di atas untuk resize hardisk virtualbox
6. Tunggu sampai proses selesai sampai 100%
7. Jika sudah, cek kembali pada kapasitas virtualbox anda harusnya kapasitas sudah bertambah

Note : Rubah angka 30000 kapasitas hardisk virtualbox, saya sebelumnya adalah 20000 akan saya tambahkan menjadi 10000 jadi total 30000 ubah sesuai keinginan kita pada angka itu , jangan lupa itu angka total kapasitas hardisk kita ya.

Mungkin cuman itu aja catatan kecil aku hari ini tentang cara menambahkan kapasitas hardisk pada virtualbox VDI, terimakasih sudah mampir ^_^

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH