Cara Melihat Versi Windows 10 Pada Hardisk Laptop Yang Rusak

Cara melihat versi windows 10 pada hardisk laptop yang rusak offline - pada windows 10 dalam keadaan hidup dan bisa dipakai kita akan sangat mudah untuk menemukan versi windows 10 melalui properties komputer, system registri, dxdiag ataupun aplikasi pihat ketiga lainya, namun bagaimana jika windows rusak tidak bisa bootup system operasi, caranya bagaimana untuk mengetahui versi windows 10 ketika laptop tersebut memang benar-benar dalam keadaan mati, seperti hal nya kasus gue kemarin mau melakukan recovery windows 10 yang tidak bisa booting system operasi, namun bingung untuk mencari versi windows yang terinstall pada hardisk laptop tersebut. dan bagaimana mengetahuinya.?

Untuk mengetahui informasi tersebut di jaman sekarang tidak terlalu sulit tinggal googling beres,namun faktanya sudah berapa puluh tab gue googling tidak ada satupun yang sesuai dengan apa yang gue cari di artikel indonesia ,tapi akhirnya ada salah satu yang work hasil googling dari blog luar negri ya walaupun artikel ini sudah usang dan sangat tua tapi ggp lah , akhirnya setelah berhasil dengan cara tersebut gue mau posting cara dari blog itu disini yang tentunya pake bahasa indonesia supaya mudah untuk di mengerti :)

Cara untuk melihat versi windows 10 pada hardisk laptop yang rusak adalah cukup melihat pada file registri dari system registri laptop rusak yang akan kita copykan ke system windows yang normal.

Step By Step cara melihat versi windows 10 di hardisk laptop yang rusak bisa dilakukan dengan penjelasan berikut ini :


1. Copot atau ambil hardisk rusak dari laptop lama pasangkan pada adapter hardisk portable
2. Pasang hardisk portable laptop yang rusak tadi ke usb laptop yang normal
3. Buka folder berikut (masuk direktoty hardisk portable yang berisi file system operasi windows biasanya ada di F/E/G) F:/windows/ system32/config
4. Pastikan di dalam folder config terdapat file bernama "SOFTWARE" (ini adalah file registry yang  didalamnya akan kita lihat versi windows 10
5. Buka regedit, Windows - > run -> tulis regedit -> enter
6. Arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE
7. Klik file -> pilih Load Unhive
8. Arahkan ke File SOFTWARE yang terletak di folder poin no 4 -> klik open
9. Buat nama folder registry -> isi bebas Misal SAM
10. Nah untuk melihat versi windows 10 masuk ke direktoty berikut pada registy yang kita tambahkan tadi -> HKEY_LOCAL_MACHINE/<nama registri yang kita import tadi misal SAM>/Microsoft/Windows NT/CurrentVersion:
11. Jika berhasil kita akan bisa lihat detail informasi windows apa yang terpasang pada hardisk laptop yang rusak tersebut lihat pada gambar di bawah :

Ok mungkin itu aja yang bisa gue share ke kalian, tentang artikel cara melihat versi windows 10 pada hardisk laptop yang rusak, jika ada yang belum paham silahkan berkomentar di kolom yang sudah di sediakan di bawah, salam jeems, see you next time :D


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH