Cara Mengatasi Email Yang Masuk Ke Spam

Cara Mengatasi Email Yang Selalu Masuk Ke Spam - Assalamualaikum, kuy.. KUYA.. :D, hehe canda. welcome back to my chanel. hkhkhk. mohon maaf intronya ala-ala youtuber, maklum pengen jadi yutuber kaga bisa kesampaian jadi kebawa2 deh ke ini blog, wkwkwk. ok pada postingan kali ini gue mau ngebahas tentang artikel dengan kategori email, dah jarang juga gak ngebahas tentang email haha belum ada bahan soalnya.


Kali ini bahan nya langsung dari pengalaman admin kemarin pas lagi linglung dapet masalah tentang email perusahaan yang emailnya selalu masuk spam kalau kirim ke alamat email lain contoh gue pakai email perusahaan kirim ke perusahaan temen gue, terus di temen gue dia belum terima-terima email dari gue, padahal email tersebut sudah sangat jelas dan tandas masuk di folder sent item, setelah itu gue suruh cek email di teman gue ke folder spam, dan ternyata benar email tersebut masuk ke spam.



Bisa dilihat contoh gambar email masuk spam di bawah ini seperti itulah kira-kira, email yang masuk spam bisa kita pindahkan dengan cara klik kanan pindah ke folder inbox dan secara otomatis email selanjutnya akan terus masuk inbox, namun ada kasus baru ternyata email yang tadi gue kira udah beres dan gue yakin udah bisa masuk inbox ke email temen gue ternyata selalu dan selalu masuk spam walaupun sudah ditandai dengan bukan spam pada email penerima, nah bingung kan gue akhirnya..




Di tengah kebingungan akhirnya gue analisa terlebih dahulu apa penyebab kenapa email yang gue kirim selalu masuk ke spam email penerima seperti kasus pada email temen gue itu, beberapa analisa untuk mengetahui penyebab email selalu masuk spam gue lakuin dengan beberapa tahap pengecekan :



1. Cek Kirim email menggunakan web mail

Ini adalah cara pertama gue analisa, yaitu cek pada email server kita yaitu melalui webmail, gue coba cek langsung untuk mencoba kirim email ke temen gue lagi dari web mail loh ya (bukan dari aplikasi outlook, atau thunderbird dan sejenisnya), apakah masuk folder spam lagi atau tidak, jika masuk spam lagi,sudah di pastikan bahwa mail server kantor kita yang bermasalah, artinya jangan lanjut ke analisa tahap berikutnya jika test pertama hasilnya demikian, namun jika bisa masuk inbox seperti biasa artinya mail server kantor kita tidak ada masalah dan bebas dari indikasi spam, dan kita bisa lanjut ke analisa kedua.


2. Cek ip address kantor atau perusahaan kita di situs spamhaus.org, apakah ip kantor tersebut masuk daftar blacklist daftar ip spam atau tidak, kita bisa cek disini https://www.spamhaus.org/lookup/, untuk kasus gue ternyata sumber masalah dan penyebab masalah email selalu masuk spam adalah dari ip address kantor atau perusahaan yang masuk ke daftar blacklist di spam haus. bisa di lihat dari hasil cek pada situ spam haus ip address kantor gue kena blacklist ditandai dengan yang warna merah.



Nah itulah di atas analisa penyebab kenapa email selalu masuk folder spam dan kita sudah dapat sumber masalahnya, lalu bagaimana cara mengatasi email yang selalu masuk spam tersebut.? mungkin ini salah satu pertanyaan yang sering di ajukan ketika menemui permasalahan seperti kasus di atas, ok cara untuk mengatasi permasalahan email selalu masuk folder spam ini sebenarnya sangat sederhana namun kita harus sabar karena cara ini memerlukan waktu, supaya ip adress kantor atau perusahaan kita hilang dari daftar blacklist ip spam di server security email di seluruh dunia, cara nya adalah dengan mengajukan penghapusan alamat ip adress yang masuk dalam daftar blaklist SBL, dan gue akan hajarkan step by stepnya, ikuti cara seperti di bawah ini :


Cara Mengatasi Email Yang Selalu Masuk Spam

1. Buka alamat https://www.spamhaus.org/lookup/
2. Masukan Ip address kantor atau perusahaan kita -> Klik Lookup


3. Perhatikan Hasil Lookup, dalam kasus gue, ip masuk daftar blacklist SBL



4. Untuk menghapus dari daftar blacklist SBL Klik Tulisan SBLCSS

5. Pada Halaman Form, Masukan informasi sebagai berikut  :

  • a. IP address : Isi dengan IP address Kantor kita
  • b. Hostname : Masukan Hostname IP Adress di atas , bebas isi (exp server.datacenter.com)
  • c. Your email : Isi dengan email kantor kita
6. Jangan lupa Checklist Chaptcha
7. Lalu Klik Tombol Proccess, "spamhaus akan mengirimkan code confirmasi ke email kita"
8. Setelah kita Klik Tombol Proccess, akan muncul halaman css ip removal confirmation form
9. Pada halaman tersebut isi kembali informasi sebagai berikut :

  • a. Ip address to remove ; isi dengan ip address kantor kita
  • b. Confirmation code : isi dengan code confirmasi dari spam haus yang dikirim melalui email
10. Klik tombol confirmasi
11. Jika Sukses akan tampil halaman seperti gambar berikut



Penghapusan ip address dari listing SBL memerlukan waktu maksimal 1x24 jam, atau bisa lebih cepat tergantung dari reputasi rekam jejak ip address kita, biasanya kalau sudah sering masuk daftar blacklist spamhaus untuk penghapusan akan memakan waktu agak lama, status penghapusan ip address dari list spamhaus bisa kita lihat atau kita monitr pada halaman check lookup seperti di awal, atau di alamat ini : 



https://www.spamhaus.org/lookup/ ,jika masih tulisan merah berarti masih dalam proses delisting ip address di spamhaus, tapi kalau sudah berhasil untuk penghapusan ip address dari spamhaus tulisan atau list hasil lookup akan berubah menjadi hijau.



Setelah ip address kita berhasil di remove dari daftar list spamhaus, selanjutnya gue test melakukan pengiriman email keluar dengan jaringan dan ip address kantor gue, serta melakukan pengecekan kembali di email tujuan apakah masih masuk folder spam atau tidak, dan hasilnya.. pesan yang terkirim dari gue sudah bisa masuk inbox seperti biasa, end... masalah tersebut solved deh.



Sebelum menutup tentang tulisan ini ada beberapa hal yang ingin gue sampaikan, ehmm ini tips sih dan himbauan aja untuk mencegah supaya ip address kantor atau perusahaan kita tidak masuk list blacklist spamhaus:



1.Yang pertama, pastikan komputer dengan spesifikasi system operasi windows terpasang antivirus yang ApTUHDate

2.Yang kedua , pastikan aplikasi mail client (seperti outlook, thunderbird dan etc) selalu ApTUHDate :D termasuk estension antispam juga
3.Yang ketiga, Pastikan IT di perusahaan kalian sudah mengaktifkan fitur filewall dan filter spam (contoh DKIM dan SPF) jika mail server kalian menggunakan provider hosting
4.Yang keempat, dan yang terakhir, ini sih lebih ke aspek user, pastikan dari trafik dari email user pada perusahaan anda tidak ada kegiatan spaming atau email berantai, buatlah rule ataupun suatu prosedur email policy jika memungkinkan (seperti tidak boleh email bla bla bla bla)


Okayyy kuy... itulah sedikit tambahkan tips dari gue, dan untuk penutupnya gue ucapkan terimakasih telah mampir ke blog gue dan membaca dengan seksama tentang artikel cara mengatasi email yang selalu masuk spam, akhir kata dari gue wassalamualaikum. Babai... :D

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH