Laporan Apa saja Yang Harus Ada Dalam Grafik Dashboard Marketing

Baru 1 Minggu merangkap sebagai administrasi sales dan marketing selain jobdesk utama saya sebagai staff IT membuat saya semakin bertambah entah itu wawasan maupun pengetahuan terutama tentang permarketingan, sebelum menjelaskan pembahasan dari topik utama alangkah baiknya mengetahui terlebih dahuli background dimana saat ini saya bekerja, perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang engineering dan manufaktur sudah tau dong perusahaan seperti apa itu, yah begitulah dalam perusahaan dengan bidang tersebut produk yang dihasilkanpun sangat bermacam variasinya (artinya produk perusahaan tergantung dari pemesanan costumer) bisa buat ini dan itu hehe.

Dari gambaran singkat yang saya jelaskan di atas sudah kelihatan kan bagaimana tingginya siklus-siklus transaksi mulai dari pesanan costumer kepada pihak marketing. pembuatan perencanaan proses produksi oleh PPIC, pengeksekusian kegiatan produksi sampai distribusi barang jadi kepada costumer. tapi saya enggak akan bahas satu persatu hehe secara masih pemula di semuanya itu, yang akan saya titik beratkan yaitu pada ujung tombak perusahaan dahulu yaitu marketing. Ko ujung tombak sih mas, kenapa gak sekalian ujung pondok gede aja kaya lagu iwan fales hehe.? jawabanya adalah kenapa saya bilang ujung tombak karena semua proses yang lain jika tidak tidak di dahulukan oleh marketing (dapet order) semuanya tidak akan berjalan bagaimana mau produksi wong permintaan dari pelanggan aja gak ada. bener gak.. berarti sangat vital bukan marketing itu.? jadi saya bilang ujung tombak deh.

Dalam pengadministrasian sales dan marketing dalam seminggu ini saya sedikit tahu banyak bagaimana proses-proses yang ada di dalamnya, mulai dari permintaan penawaran harga dari pelanggan.. pembuatan penawaran kepada pelanggan.. distribusi purchase order dan sales order ke departement yang bersangkutan sampai berbagai laporan rutinitas dalam marketing tersebut. sempat tadi pagi saya di mintakan untuk membuat dashboard laporan marketing yang bisa di pantau oleh kepala departement, lalu apa saja sih yang harus tersedia dalam dashboard tersebut.? akan saya jabarkan di bawah ini :

1. Laporan grafik RFQ (request For Quotation)
2. Laporan grafik Quotation
3. Laporan grafik Order Confirmation atao SO(sales order)
4. Laporan grafik Work Order
5. Laporan Summary Sales
6. Dan Profit dari semua jenis pekerjaan

Contoh sedikit gambar di bawah ini (saya ilustrasikan asal asalan) menggunakan phpdashboardv4.2
Karena waktunya udah sore.. dan waktunya pulang kerja.. besok saya lanjutin pake data yang aktual yang saya sedang kerjakan hehe see you letter

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH