Cara Membuat CV Yang Menarik Untuk Lamaran Kerja

          Mencari pekerjaan itu mudah mudah sulit bagi sebagian orang, saya rasakanpun begitu, kalau di bilang mudah ya mudah saja kita hanya perlu mencari info lowongan pekerjaan pada perusahaan atau instansi terkait lalu kita lamar dengan aplikasi berkas lamaran yang kita punya.. lalu tunggu jawaban hrd untuk interview dan selesai.. kita hanya perlu melanjutkan step step selanjutnya seperti medikal cek up dan sampai tanda tangan kontrak terus kerja deh, simple bukan.. cuman hal mudah seperti itu hanya berlaku bagi orang orang yang memang memenuhi kualifikai terhadap kebutuhan yang telah hrd tentukan kalau belum masuk yaya you knowlah pasti lamaran kita bakal di depak dengan beberapa detik saja hrd membaca cv awal kita haha dunia sangat kejam ma men ojo mewek yo.. sudah kebayangkan.. ini lah hal yang tadi saya katakan sulitnya mencari pekerjaan hanya karena cv pertama yang tidak sesuai dan.. hal yang paling berpengaruh satunya lagi adalah kurang menariknya cv yang kita buat walaupun ini bukanlah alasan paling utama di tolaknya lamaran kita akan tetapi ini lumayan berpengaruh loh guys, pengalaman saya pernah melayangkan cv ke beberapa perusahaan yang sedang ada lowongan kerja.. waktu itu cv saya masih acak adul tidak terlalu tertata dengan baik dan asal asalan saya aplly dengan cv tersebut dan tara 1 bulan lebih tidak ada satupun yang membaca cv saya apalagi mau mengundang untuk menginterview haha ngimpiii.. 

          Omg helooo apakah yang salah dengan diri ini apakah dosaku terlalu menggunung sehingga tak ada peruntungan bagiku (itulah gerutu dalam hati hehe lebay dikit lah), sehari setelah kejadian itu akhirnya sayapun konsult kepada temen ya temen Seruangan yang kebetulan dia hrd di perusahaan saya saya secara saya ini kerjanya merangkap gitu.. akhirnya nih saya bercerita dan menjelaskan kenapa tak ada satupun perusahaan mau membaca cv dan mau memanggil saya apa yang salah dari cv saya pak..? diapun menjawab dengan pertanyaan, cv kamu apakah sudah rinci dengan apa yang perusahaan butuhkan dari kandidat yang mereka cari.? Saya tanya balik keheranan, maksudnya.? Saya kasih tuh cv saya buat di analisa, dia menjawab dengan serius, cv kamu berantakan masih ada yang perlu di perbaiki supaya bisa menarik perhatian dari hrd ketika kamu meng email lamaran kamu.? Caranya gimana tuh pak? Di jelaskan kepada saya tips ampuh supaya lamaran bisa lebih menarik dan tentunya bisa di baca oleh hrd dari bab pertama sampai kesimpulan hahaha skripsi kali pakai bab bab an.. , dari pengalaman saya itu saya mau sharing dikit cara yang baik buat cv itu seperti apa, bentuknya kaya gimana sistematika penulisanya kaya gimana, saya bakal blak blakan jelasinya pada kalian yang saat ini masih cara kaya ginian yang masih prustasi buat cari kerjaan yang tak kunjung dapet dapet.. hehe ok langsung saja yak..

Bahan yang kita perlukan adalah sebagai berikut :

Pastikan kita sudah punya program photoshop
Pastikan juga sudah terdapat font awesome terinstall pada photoshop kita download disini
Photo cv terbaru 
Draft cv yang sudah kita ketik pada word (untuk copy paste saja biar cepat)
Dan terakhir parameter ukuran font atau tulisan yang ada pada cv nanti

Nah jika bahan di atas sudah kita siapkan sekarang kita lanjut pada proses pembuatanya
Bukalah photoshop di komputer kita
Klik file new dan tentukan ukuran kertas cv yang akan kita buat disini saya mengguakan ukuran A4 yaitu ukuran 210 190 klik ok

Selanjutnya kita akan membuat kerangka cv standar yaitu bagian 
Batas pinggir kiri cv untuk keterangan

Biodata dan kontak
Ringkasan deskripsi
Pengalaman kerja
Riwayat pendidikan
Kompetensi list


Setelah kerangka di atas selesai kita akan menambahkan fontawesome pada bagian bagian keterangan di atas supaya lebih terkesan elegan berikut caranya
Pastikan posisi sejajar dimana kita akan menempatkan font awesome atau ikon sesuai dengan Keterangan yang ada contoh saya akan menempatkan icon pena pada keterangan biodata dan kontak caranya
Copy ikon font awesome pena tadi dari sini
Buka lembar photosop yang sudah kita rancang selanjutnya rubah font menjafi font awesome klik icon A untuk menambahkan icon teka tahan mouse dengan klik kiri dan geser layaknya kita akan membuat text lalu klik kanan pilih paste. Font awesome sudah terpaste pada lembar photosop kita atur ukuran fontawesome tadi sesuai parameter ikon yang sudah saya tentukan di awal
Yang keempat kita tambahkan tulisan seperti biodata dan kotak kita isi dari draft cv yang sudah kita buat pada microsoft word
Kopi tulisan tersebut 
Klik icon A 
Tekan tahan dengan klik kiri lalu klik kanan tekan paste lakukan hal yang sama sampai semua deskripsi terisi semua

Jika sudah terisi langkah terakhir adalah memberi photo pada cv terbaru yang kita buat di photoshop lakukan dengan cara ini
Klik open lalu cari photo terbaru kita 
Setelah terbuka rubah ukuran tekan tombol ctrl+alt+i rubah ke ukuran 100 
Klik ikon move di sebelah kiri photoshop tekan dan tahan photo lalu geser pada lembar tab cv yang kita kerjakan tadi atur photo agar sesuai letaknya selesai

Jika semua langkah langkah di atas telah selesai semua kita tinggal simpan file tersebut dan kita export ke dalam bentuk pdf untuk kuta email, barangkali ada yang belum tahu caranya mengexport ke dalam pdf ini sangat mudah ikuti cara ini
Klik file pilih save as
Pada file type gulir kebawah dan cari pdf
Klik pilihan tersebut
Dan save 
Selesai " Contohnya Di atas Cover artikel CV yang saya buat untuk temen saya " (design dari salah satu cv doktor IPB angga dwinovantyo)


          Mungkin sudah cukup tutorial yang saya bagikan di atas semoga bisa menjadi referensi dalam cara membuat untuk cv anda dan semoga berhasil dengan pekerjaan yang anda impikan kejar terus harapan dan impian anda jangan menyerah ok brother.., semoga bermanfaat. Salam jeems

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH