Download Ebook Codeigniter Bahasa Indonesia

Download Ebook Codeigniter Bahasa Indonesia - Dengan banyaknya peminat dunia pemrograman terutama pemrograman web sudah jelas tahu apa itu framework codeigniter, codeigniter merupakan salah satu framework php yang bersifat opensource dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controlling). framework gratis alias free karena tidak memerlukan lisensi apapun untuk menggunakanya. framework codeigniter ini sangat mudah digunakan terutama bagi pemula sekalipun bisa mempelajarinya. framework ini di buat untuk memudahkan developer atau programer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuatnya dari awal.

Untuk belajar framework codeigniter disarankan anda mengerti terlebih dahulu tentang php murni maksudnya belajar syntak php asli tanpa framework, karena jika sama sekali anda tidak tahu syntak php murni anda akan kesulitan untuk belajar framework codeigniter pada dasar apalagi tingkat lanjutan. Dalam tahap belajar framework ini mungkin anda sedang mencari referensi ebook framework codeigniter berbahasa indonesia yang cocok yang bisa dijadikan panduan untuk mempelajarinya mulai tahapan instalasi ataupun sampai mengerjakan dasar latihan codeigniter.

Saya rasa anda sudah menemukan ebook panduan codeigniter disini dan saya akan berbagi untuk ebook tersebut kepada pembaca blog sekalian, langsung saja :

Untuk membaca secara online Ebook Pemrograman Di Atas bisa Scroll Ke Bawah, selamat Belajar..


Ada beberapa alasan mengapa menggunakan Framework:
  • Mempercepat dan mempermudah pembangunan sebuah aplikasi web.
  • Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada)
  • Umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu membangun dari awal (misalnya validasi, ORM, pagination, multiple database, scaffolding, pengaturan session, error handling, dll
  • Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan CMS

Penjelasan mengenai MVC serta kelebihan framework CodeIgniter

Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :

View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.

Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.

Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

Dengan menggunakan prinsip MVC suatu aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan developernya, yaitu programmer yang menangani bagian model dan controller, sedangkan designer yang menangani bagian view, sehingga penggunaan arsitektur MVC dapat meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Walaupun demikian dibutuhkan komunikasi yang baik antara programmer dan designer dalam menangani variabel-variabel yang akan ditampilkan.

Ada beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP lain,
  • Performa sangat cepat : salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.
  • Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration)  : tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php, namun untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, anda hanya perlu mengubah sedikit saja file pada folder config.
  • Banyak komunitas: dengan banyaknya komunitas CI ini, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, baik itu bertanya atau teknologi terbaru.
  • Dokumentasi yang sangat lengkap : Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami.
  • Dan banyak lagi yang lainnya. (sumber wikipedia)

Untuk Mendownload Ebook Tutorial Belajar PHP Bahasa Indonesia Silahkan Klik Link Dibawah Ini:

  • Ebook yang pertama dari Ibnu Daqiqi untuk link ebooknya Disini
  • Ebook yang pertama dari Tutor Collection untuk link ebooknya Disini
  • Ebook yang pertama dari Codeigniter Indonesia untuk link ebooknya Disini

Sejarah Codeigniter

CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir 2.1.0 yang dirilis pada 28 November 2011.

Nah Itulah diatas beberapa uraian tentang Apa itu CodeIgniter dan sejarah singkatnya, semoga bermanfaat juga untuk list download ebook pemrograman web yang telah saya sediakan bagi anda yang haus akan ilmu pengetahuan baik untuk belajar ataupun hanya sekedar membacanya. Untuk Yang sudah membaca artikel "Download Ebook Codeigniter Bahasa Indonesia" sampai baris ini saya ucapkan terimakasih atas kunjungan singkatnya. Salam Jeems

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH