Bisnis online panduan dan tahapan awal bagi pemula

Bisnis online panduan dan tahapan awal bagi pemula

Bisnis Online – Ini adalah berita yang luar biasa untuk para pengusaha skala kecil dan menengah untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan bisnis mereka. Mengapa? Karena tidak ada yang lebih mudah, murah dan cepat dalam mempromosikan bisnis Anda selain dengan online. Buku panduan dan latihan ini akan menunjukkan dan memandu Anda, apa saja yang dibutuhkan dalam proses untuk menjadikan bisnis Anda usaha online. Dan berikut adalah kunci sukses dari para ahli marketing terkemuka di Indonesia yang telah kami kumpulkan untuk Anda:
  • Buat situs web Anda sendiri
  • Arahkan pengunjung dunia maya pada situs web Anda
  • Tunjukkan eksistensi situs web Anda di area Anda sendiri
  • Buatlah orang menggemari situs web Anda Layani pelanggan Anda di mana pun mereka berada
  • Pelajari dan analisa setiap kegiatan melalui pengukuran tertentu
Setiap bab dalam panduan ini memiliki ikon waktu dan tingkat kesulitan untuk memberikan gambaran berapa lama tugas tersebut dapat Anda selesaikan, serta seberapa menantangnya tugas tersebut untuk Anda. Buku ini dilengkapi dengan kolom penanda dan sumber untuk membantu Anda melewati seluruh proses. Seperti biasanya, kesulitan terbesar adalah memulai awal dari segalanya. Namun coba Anda tebak? Tanpa terasa Anda bahkan sudah memulainya ketika membaca ini.

#1 Tumbuh dan Berkembang Dengan Online

“Hampir dua milyar orang di seluruh dunia memasuki dunia internet setiap harinya. Hampir USD8 triliun perputaran uang setiap tahunnya melalui perdagangan dunia maya. Di beberapa negara dengan perdagangan yang berkembang, sekitar dua pertiga dari seluruh jenis bisnis memiliki memiliki situs web dan sejenisnya, dan sepertiga dari usaha kecil menengah secara rutin menggunakan teknologi web. Internet telah bertransformasi seiring dengan cara kita hidup, cara kita bekerja, cara kita bersosialisasi dan bertatap muka, dan cara negara di seluruh dunia ini tumbuh dan berkembang. Dalam dua dekade, internet telah berubah dari hanya digunakan oleh para peneliti dan orang-orang kesepian menjadi kebutuhan seharihari yang nyata untuk jutaan orang di luar sana,” Laporan McKinsey: Dunia Internet.
Sekarang Anda mungkin akan berpikir seperti ini:
  • Mengubah perusahaan saya menjadi online akan sangat rumit.
  • Saya tidak mampu, dan saya sangat sibuk. Siapa sih yang punya waktu untuk ini?
  • Bisnis saya sudah mapan! Saya punya banyak pelanggan dan saya tidak perlu mengubah ini menjadi bisnis online.
  • Saya (atau teman saya) sudah pernah mencobanya,tapi tidak berhasil.
  • Saya tidak mau berjualan online! Pertama-tama, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu hebat dan berpengalaman dalam dunia maya atau modal besar untuk bisa online. Kenyataannya, kami mendesain buku panduan yang disesuaikan untuk Anda sehingga Anda dapat melakukannya dengan mudah.
Apa itu Memasarkan Secara Online?
Memasarkan secara online adalah bagaimana pembeli atau pelanggan (dan lebih banyak lagi dari mereka) yang sudah mencari secara online mempelajari diri Anda, layanan yang Anda tawarkan, toko Anda, produk-produk Anda, di mana lokasi Anda, dan/atau waktu operasional Anda. Ketika Anda mempromosikan bisnis secara online, seseorang yang akan menjadi pembeli akan dapat menemukan Anda dan melihat mengapa mereka harus membeli pada Anda.
  1. Situs web atau situs bisnis
  2. Daftar Web, seperti Google Places
  3. Rekomendasi dan ulasan
Ketika seseorang menemukan situs online Anda, mereka akan melihat informasi mengenai produk atau jasa Anda di saat yang sama. Dan sekarang adalah saatnya Anda memberitahu mereka apa yang Anda lakukan.
Jika Anda menyewakan kendaraan, tunjukkan di mana lokasi bisnis Anda. Jika Anda memiliki kafe atau rumah makan, beritahu pukul berapa Anda buka dan tutup kafe Anda.
Tampilan ini dapat memberikan Anda pendapatan, referensi penjualan dan pelanggan atau pembeli baru. Dan tujuan dari buku panduan ini adalah menolong Anda untuk melakukan itu semua.
Mari Kita Mulai Lakukan!
Anda juga dapat menampilkan daftar produk atau jasa yang Anda jual dan berinteraksi dengan pelanggan. Anda bahkan dapat memuat penawaran atau kupon khusus untuk menarik orang membeli pada saat itu juga.
Mengapa Perlu Online?
Ketika Anda mencoba sesuatu dalam berbisnis, pertama-tama adalah Anda harus tahu mengapa Anda melakukannya. Berikut adalah daftar keberhasilan mengapa pemasaran secara online perlu dilakukan:
  • Mengingatkan pelanggan lama untuk kembali.
  • Membantu pelanggan baru menemukan Anda dengan mudah ketika mereka mencari produk atau jasa yang Anda jual.
  • Memberi kemudahan untuk pelanggan Anda menemukan lokasi, jam operasional dan penawaran spesial di toko Anda.
  • Terikat secara positif dengan pelanggan dan mengarahkan mereka melalui kekuatan promosi online.
  • Dapat menampilkan testimoni dan pujian dari pelanggan.
  • Memberikan kepercayaan dan kredibilitas.
  • Menghemat waktu dan uang dengan memberikan informasi secara online dalam proses penjualannya.
Hal menggembirakan dari potensi penjualan secara online pada bisnis Anda adalah, Anda dapat melakukannya dengan cepat dan mudah. Jika Anda melakukan satu hal saja dari yang diajarkan pada bab ini, maka Anda akan mendapatkan bahwa usaha Anda akan terdaftar atau tertulis pada Google Places (www.google.com/placesforbusiness). Cantuman gratis untuk membantu memasarkan usaha Anda ketika pengguna Google melakukan pencarian untuk produk-produk lokal atau jasa-jasa yang Anda tawarkan. Dan hal tersebut hanya memakan waktu beberapa menit saja.
Dengan tampil dalam daftar tersebut, Anda akan dengan mudah memberitahu calon pelanggan potensial Anda pada pukul berapa Anda beroperasi dan di mana usaha Anda berlokasi. Anda juga dapat menampilkan daftar produk atau jasa yang Anda jual dan berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan Anda. Anda bahkan dapat memuat  penawaran atau kupon khusus untuk menarik orang membeli pada saat itu juga.
Umumkan!
Sebelum mendapatkan respon yang Anda inginkan dari situs web atau daftar web yang telah Anda buat, Anda perlu memberitahukan pada orang-orang bahwa hal tersebut ada. Tuliskan alamat situs web atau alamat bisnis Anda di mana saja Anda bisa:
  • Tuliskan pada dinding toko atau kendaraan operasional bisnis, kardus- kardus atau kontainer.
  • Bukti pembayaran dan kantung belanja.
  • Iklan surat kabar, situs berita online atau brosur.
  • Bahkan kartu nama dan signature pada email Anda. “Tapi tunggu,” Anda bilang. “Jika pelanggan sudah membeli produk dan jasa saya, kenapa saya harus menggiring mereka ke situs web saya?”
Pertanyaan yang bagus! Ini jawabannya: Anda ingin mereka tidak hanya melakukan sekali transaksi bukan? Anda ingin mereka melakukannya lagi dan memberitahu kawan-kawan mereka mengenai keberadaan Anda.
Maka Anda HARUS HADIR secara online. Harus. Tidak ada yang masuk akal dari seluruh buku panduan ini jika Anda tidak membiarkan diri Anda melakukan hal ini. Ber-Onlinelah!
#2 Tampil Menonjol di Internet: Buat Situs Web Anda  

Para pengusaha saat ini sangat beruntung!  Kita memiliki banyak sekali cara untuk aktif secara online seperti: blog, profil sosial media, halaman Google Places dan masih banyak lagi. Namun setiap bisnis membutuhkan “markas” online – atau tempat yang Anda sebut sebagai milik Anda.
Markas tersebut adalah situs web Anda. Itu adalah karpet selamat datang Anda, jendela Anda untuk ditampilkan pada pengunjung internet. Jika Anda baru saja memulainya, jadikanlah hal itu sebagai pengumuman pembukaan besar Anda untuk menarik orang pada bisnis Anda. Saat ini pelanggan, calon pelanggan dan publik mengharapkan perusahaan-perusahaan memiliki situs web mereka sendiri. Memiliki situs web adalah kunci yang diperlukan untuk memasuki dunia bisnis di abad ke-21 ini.
Pilih Alamat Web Anda Dengan Seksama. Yang terpenting adalah, situs web Anda akan memiliki alamatnya sendiri seperti, MyCompanyWebsite.com. Sebutan teknis untuk alamat situs web adalah “Domain name.”
Anda akan memilih alamat situs web Anda sendiri ketika Anda membangun sebuah situs web tersebut. Usahakan tidak terlalu panjang dan sedekat mungkin dengan nama bisnis Anda. Jika nama bisnis Anda adalah Pipa Zigman, usahakan Anda mendapatkan nama PipaZigman.com.    Anda mungkin saja menemukan bahwa nama yang Anda inginkan sudah diambil orang lain atau jaringan bisnis lain (dan hal ini sering terjadi). Jika nama yang Anda inginkan sudah diambil, carilah nama lain yang termudah dan gampang diingat seperti, PipaJaneZigman.com atau ZigmanTukangPipa.com.
Banyak para pemilik usaha kecil melakukan kesalahan bahwa memasarkan secara online (yaitu internet) dan memasarkan secara offline (pemasaran secara umum) adalah dua hal yang terpisah. Tidak ada yang saling membedakan. Dua hal tersebut saling mendukung satu sama lain. Dan itulah mengapa alamat situs web Anda harus disertakan dalam setiap alat pemasaran offline Anda.
Tampilan online Anda mendorong ketertarikan pengunjung dan mengembangkan bisnis Anda. Iklan secara offline dapat mengarahkan pelanggan kepada web Anda untuk mempelajari Anda lebih dalam lagi.
Mulailah Dengan Situs Web Anda
Pelanggan dapat menjangkau Anda di situs web Anda dengan berbagai cara:
  • Pelanggan Anda saat ini mengatakannya pada orang lain mengenai situs web Anda.
  • Pencarian pada mesin pencarian mengarahkan pelanggan baru kepada Anda.
  • Blogs dan situs sosial bertautan dengan situs web Anda.
  • Iklan online dan offline dapat mengarahkan mereka pada situs web Anda
Sekali orang lain menemukan Anda, maka penjualan pun dimulai. Sebuah situs web yang tidak terlihat profesional dan tidak menampilkan kesungguhan dalam pelayanan, akan dihindari oleh calon pelanggan, walaupun jika mereka direkomendasikan oleh pelanggan lama.
Di sisi lain, situs web yang terlihat mengagumkan adalah menggunakan bahasa yang sama dengan yang digunakan oleh pelanggan atau pengguna internet pada umumnya, memberikan rasa aman dan mudah untuk digunakan. Dijamin, situs tersebut akan menjadi situs penjual nomor 1!
Target utama Anda dalam membangun sebuah situs web bisnis adalah: Muncul dalam search engine atau mesin pencarian. Jika Anda menjual topi, maka situs web Anda akan tampil langsung ketika orang mengetik kalimat “Topi” dalam bagian pencarian. Jelaskan pada pengunjung situs web Anda bisnis apa yang Anda jalankan dengan jelas. Buatlah proses yang mudah untuk pengunjung web Anda dalam membeli produk atau jasa Anda, baik pembelian melalui online maupun ketika pelanggan mendatangi toko Anda.
Sebelum Anda mulai bergelut dengan alat pembuat situs web atau menyewa jasa seorang web designer, tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut:
  1. Apa tujuan saya membuat situs web ini? Setiap situs web harus memiliki satu atau dua tujuan spesifik. Sebagai contoh, Anda ingin pengunjung membeli sesuatu secara online atau mereka cukup terdorong untuk menelepon Anda? Beberapa situs hanya tersedia untuk mendapatkan arahan dan jam operasional, atau melihat barang apa yang tersedia saat ini. Yang lainnya bahkan memberikan kupon untuk menarik pelanggan dari persaingan. Dan tujuan Anda akan membentuk keseluruhan situs web Anda.
  2. Apa metode penjualan unik yang harus saya tampilkan? Bisnis Anda memiliki sesuatu yang membuatnya menjadi unik. Letakkan ini sebagai pembuka dan pusat dari situs Anda. Apakah produk Anda bisa menyesuaikan keinginan pelanggan dan lebih murah? Apakah bisnis ini dimiliki oleh keluarga, atau apakah Anda memiliki model terbaru? Penjelasan mengapa Anda adalah pilihan yang terbaik dapat mendorong orang untuk membeli.
Berikan pertanyaan-pertanyaan ini jawaban dari pemikiran Anda. Tulis dalam masing-masing satu kalimat, tujuan utama dari situs web Anda hal unik yang ditampilkan dan mengapa produk atau jasa Anda adalah pilihan yang terbaik.
Membangun Situs Web yang Sukses
Jika Anda sudah menemukan apa tujuan dari situs web Anda dan metode penjualan unik Anda, Anda akan siap untuk membuat situs Anda menjadi nyata. Beberapa orang memilih untuk menggunakan jasa orang lain untuk desain situs web dari desain dengan coretan gambar khusus, dan cara ini perlu biaya tambahan.
Namun cara tepat untuk memulainya adalah dengan menggunakan alat yang bisa Anda gunakan untuk membuat situs web dengan mudah. Ada beberapa alat pada tampilan komputer Anda di mana Anda dapat membuat situs profesional seperti yang Anda inginkan dengan gratis. Beberapa alat ini bahkan memberikan Anda instruksi langkah demi langkah yang dapat Anda gunakan dalam membuat situs web perusahaan Anda dengan cara yang tidak terlalu sulit. Hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mulai membuat dan menjalankannya, dan tentunya tidak ada biaya yang harus Anda bayarkan.
Implementasi Situs Web Terbaik 
Sekarang mari kita bahas mengenai “Implementasi Terbaik,” atau cara yang sudah terbukti paling ampuh dalam mencapai tujuan dari pembuatan situs web Anda. Jika saya harus menuliskan satu saja cara terbaik yang harus Anda ikuti, maka itu adalah:  Jika Anda ingin mereka menghubungi Anda, tuliskan nomor Anda pada pembuka dan pusat dari seluruh situs Anda. Jika Anda ingin mereka menemukan lokasi bisnis Anda, pastikan Anda melengkapi situs Anda dengan peta. Dan seterusnya. Desain situs Anda dapat memudahkan atau sebaliknya merepotkan para calon pelanggan potensial dan halaman pencarian untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Semakin mudah semakin baik! Situs web yang sukses memiliki beberapa unsur yang sama yaitu:
  • Memudahkan pelanggan untuk membaca dan melihat-lihat tanpa harus berpikir keras. (Ini disebut desain yang “naluriah”.)
  • Buatlah menjadi pencarian yang mudah dalam mesin pencarian seperti Google (Akan dibahas lebih lengkap pada Bab 3). Berikan kesan bahwa Anda dapat dipercaya dan tunjukkan pada pengunjung situs bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang memiliki kredibilitas baik dengan dilengkapi detail di mana Anda dapat dihubungi, informasi  bisnis Anda dan testimoni atau cerita dari pelanggan Anda yang puas akan  layanan atau produk Anda.
  • Tunjukkan dengan jelas keuntungan dan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikan alasan mengapa mereka harus memilih produk Anda daripada pesaing Anda. Arahkan pengunjung situs Anda untuk  melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda.
Saat ini Anda memutuskan untuk memulai situs web Anda dengan hanya satu halaman saja dengan isi informasi dasar. Demikian pun tidak apa-apa. Halaman muka adalah hal yang paling penting dari tampilan situs Anda.
Namun jika Anda sudah siap untuk membuat situs yang lebih lengkap dengan tiga halaman, berikut adalah cara untuk membuat tampilan Anda mudah dan ramah pengunjung:
  1. Golongkan hal-hal tertentu kedalam bagiannya masing masing untuk membantu pengunjung mempelajari bisnis Anda. Identifikasikan apa saja yang penting untuk bisnis Anda:
√Halaman utama (Home Page berisi  informasi mengenai produk atau jasa yang Anda  tawarkan.
√ Halaman selanjutnya berisi rincian lebih mendalam mengenai apa yang  Anda tawarkan, dilengkapi dengan testimoni pelanggan Anda.
√ Kombinasikan bagian “Tentang Kami” dan “Hubungi Kami” kedalam sejarah  atau filosofi bisnis Anda, berikut nomor kontak Anda, alamat Anda, alamat  email dan peta jalan untuk mengunjungi lokasi bisnis Anda. Dan jika Anda  ingin mengumpulkan data mengenai pengunjung Anda seperti alamat  email atau nomor telepon mereka, Anda harus menyertakan “Kebijakan  Privasi” pada situs Anda.
  1. 2. Jangan membuat situs web yang tidak dapat memudahkan orang mencari Anda dalam mesin pencarian! Pastikan link web Anda saling terkoneksi satu sama lain. Buatlah agar informasi Anda mudah dicari. Disarankan untuk menuliskan nomor telepon dan alamat Anda pada bagian bawah di tiap-tiap halaman situs Anda. Pisahkan bagian “Hubungi Kami” yang terhubung dengan bagian kontak email Anda.
  2. 3. Luangkan waktu untuk menuliskan “copy” yang baik untuk situs web Anda. (“Copy” adalah istilah yang akan sering Anda dengar, yang artinya adalah “teks.”) Tetap fokus dan jaga agar tulisan Anda relevan dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Gunakan bahasa yang pelanggan gunakan pada umumnya, dengan menghindari jargon-jargon industri, kecuali Anda berkecimpung di dunia teknik di mana bahasa tersebut sudah dimengerti oleh para pengguna atau pembeli dari bisnis tersebut.
Buatlah Dengan Tampilan Yang Menarik
Tampilan dari situs web Anda akan memengaruhi pilihan para pelanggan potensial Anda. Lantas bagaimana Anda mendesain situs web agar sesuai dengan kebutuhan mereka? Ikuti enam cara mendesain dengan baik seperti berikut :
  1. Berikan penampilan profesional dan meyakinkan bahwa Anda mampu menginspirasi. Pilih kata-kata dan foto-foto yang akan Anda gunakan dengan hatihati. Periksa kembali penulisan kata-kata yang Anda gunakan!
  2. Gunakan kalimat-kalimat yang pendek serta kalimat pembuka. Gunakan simbol penunjuk (pointer) atau angka untuk menjelaskan lebih detil.
  3. Coba lihat tampilan situs web Anda melalui browser-browser2 terkenal, seperti Chrome atau Firefox, sehingga Anda akan tahu bagaimana penampilan situs web Anda ketika dibuka di tempat lain.
  4. Tempatkan alamat, email dan nomor telepon di tempat yang mudah dilihat.
  5. Gunakan link navigasi di posisi yang sama di setiap halaman. Link navigasi adalah simbol yang digunakan untuk memudahkan Anda untuk berpindah dari halaman yang satu dengan yang lainnya dalam sebuah situs web. Para pengunjung situs web akan merasa lebih merasa nyaman ketika mereka bisa menemukan link untuk kembali ke halaman depan di setiap halaman.
  6. Masukkan perintah yang jelas yang dapat membantu kebutuhan pengunjung situs web Anda (misalnya: Beli Sekarang, Kontak, Unduh Presentasi).
Perbaharui Isi Situs Web Secara Berkala
Kata-kata, gambar atau foto, link-link dan hal-hal lain yang ada di dalam situs web Anda disebut dengan konten atau isi. Konten yang Anda miliki tentunya sangatlah penting bagi pelanggan Anda, namun sebenarnya konten-konten tersebut sangat penting bagi mesin pencari.
Lebih tepatnya konten di dalam situs web Anda sesungguhnya adalah makna bagi mesin pencari seperti Google. Ciptakan konten dengan kata-kata yang tepat tentang bisnis Anda sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Karena pada saat itulah Anda dapat mudah ditemukan oleh para calon pelanggan Anda, ketika mereka mencari sesuatu dengan menggunakan kata-kata yang terdapat di dalam Yang harus diperhatikan dari konten itu sendiri adalah konten tidak boleh selamanya sama.
Perubahan bisnis Anda yang memungkinkan Anda memberikan penawaran baru, menghentikan sebuah produk yang Anda Terus mengupdate atau memperbaharui situs web Anda dapat merefleksikan perkembangan bisnis Anda. Jika Anda memiliki penawaran layanan yang baru, atau mungkin Anda mengembangkan bisnis Anda, tulis dengan lengkap di situs Anda tersebut. Hal-hal seperti ini bisa membuat pengunjung situs Anda menilai bahwa bisnis yang Anda lakukan terus berkembang. Tidak hanya melalui tulisan, konten yang diperbaharui dengan gambar atau foto di dalamnya juga bisa dapat langsung ditemukan ketika seseorang mencari informasi tentang produk yang Anda miliki.
#3 Bantu Orang Temukan Situs Web Anda 

Setelah Anda berhasil membuat situs web Anda, langkah selanjutnya  adalah menjadikan situs web Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial. Marketing yang dilakukan oleh mesin pencari yang merupakan proses pengarahan pengguna internet untuk mengunjungi situs web Anda, menjadi faktor penting lainnya yang dapat dimanfaatkan melalui Google atau mesin pencari lainnya. Dua cara populer untuk melakukannya:
  1. Search Engine Optimization (SEO) atau Optimasi Mesin Pencari
  2. Menggunakan Jasa Iklan seperti Google AdWords.
Apakah Search Engine Optimization (SEO) atauOptimasi Mesin Pencari itu?
Pernahkah Anda mendesain logo bisnis? Atau mungkin mengubah desain kartu nama Anda? Anda mungkin akan berpikir dengan hati-hati tentang ukuran dan bentuknya, bagaimana nama Anda tertulis di sana, apakah logo yang Anda pilih mampu menunjukkan dengan jelas produk yang Anda tawarkan, hingga bagaimana caranya logo atau kartu nama itu akan menarik perhatian mata seseorang.
Nah, SEO sama halnya seperti itu. Hanya saja ‘logo’ ataupun ‘kartu nama’ yang disebutkan di atas diganti menjadi situs web bisnis Anda. Sedangkan ‘mata seseorang’ yang disebut di akhir kalimat di atas dapat Anda ganti sebagai mesin pencari seperti Google ataupun Yahoo!. Ya, SEO adalah sebuah cara mendesain atau aplikasi yang dapat membuat situs web Anda menarik dan membuat mesin pencari mengerti atas bisnis yang Anda tampilkan dalam situs web Anda.
Membuat Situs Web Anda Mudah Ditemukan
Misi dari SEO adalah memastikan mesin pencari dapat menemukan dan mengerti halaman apa saja yang ada di situs web Anda. Hal tersebut menjadi penting agar situs web Anda muncul pada saat seseorang mengetikkan kata atau kalimat yang berhubungan dengan isi dari situs web Anda. Makin sering Anda dilihat oleh pengguna internet, maka akan lebih mudah bagi para calon pelanggan untuk menemukan situs web Anda.
  1. Struktur dan Ukuran situs. Mesin pencari adalah sesuatu yang dibuat dengan bahasa komputer. Karenanya mereka (mesin pencari) akan mampu melihat halaman situs Anda melalui beberapa kode serial dan juga beberapa tanda yang digunakan dalam sebuah kata-kata. Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk membantu mesin pencari menemukan situs web Anda. Kami tidak akan memaparkan semuanya dengan panjang lebar di sini. Tapi Google Webmaster Tools (www.google.com/ webmaster) adalah salah satu jalan untuk membantu menemukan kesalahan apa yang mungkin Anda lakukan pada saat merangkai situs web, dan juga memberikan jawaban yang benar.
  2. Kata Kunci situs dan Tulisan. Kata kunci adalah beberapa kata atau kalimat pendek yang umumnya dimasukkan oleh orang-orang ke dalam mesin pencari untuk menemukan beberapa hal yang berkaitan dengan barang-barang ataupun penyedia jasa. Beberapa kata kunci yang sangat tipikal digunakan oleh para pebisnis yang membuat situs adalah ‘Hotel Murah’, ‘Video Games’ ataupun ‘Dekorator Kantor’. Jika Anda membuat kata kunci yang tepat dan berhubungan dengan bisnis Anda, maka situs web Anda akan tampil di daftar hasil pencarian mesin pencari itu.
Ada Dua Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Optimasi Mesin Pencari
  1. Lakukan sendiri.
  2. Sewa jasa profesional.
Jika Anda penjual berlian di ibukota misalnya, dan Anda ingin mesin pencari mengeluarkan nama Anda ketika ada seseorang pengguna internet yang mengetikkan kalimat seperti “Penjual Berlian di Ibukota” atau “Kalung Berlian di Ibukota”di kolom mesin pencari, SEO atau Optimasi Mesin Pencari saat ini tidaklah lagi menjadi satu hal yang sangat menyulitkan. Karenanya, Anda para pebisnis sudah seharusnya mulai memerhatikan penggunaan jalur SEO ini seperti halnya Anda memaksimalkan divisi pemasaran bisnis Anda. Banyak dari pebisnis yang berhasil mencapai target mereka karena memperhatikan penggunaan SEO ini.
Cara lain yang dapat membuat situs web Anda ada di dalam hasil pencarian mesin pencari adalah dengan perusahaan iklan online, dengan membayarnya sudah tentu. Biasanya perusahaan iklan yang membantu Anda mempromosikan bisnis Anda akan terlihat melalui tulisan ‘Sponsored Links’. Tulisan tersebut mengartikan bahwa perusahaan yang menggunakan jasa mereka menggunakan kata kunci yang cukup beragam agar situs webnya muncul pada mesin pencari.
Google AdWords sebagai sebuah penyedia jasa berbayar juga menyediakan cara seperti itu untuk mengiklankan bisnis Anda di mesin pencari Google. Hasilnya, perusahaan ataupun bisnis yang Anda kelola akan tampil tiap ada seseorang yang mencari perusahaan atau bisnis seperti milik Anda melalui internet. Melalui Google AdWords Anda dapat memilih biaya bulanan yang akan Anda keluarkan untuk promosi dalam waktu beberapa menit saja. Nantinya, Google akan menentukan sendiri kata apa yang dapat dijadikan sebagai kata kunci situs web Anda melalui kategori yang Anda pilih sebelumnya. Untuk lebih lanjut, hal ini dapat Anda buka melalui www.google.com/ads/learn/ .
#4 Mudah Ditemukan di Internet di Kota Anda Sendiri

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis berskala kecil, Anda harus mempelajari apa yang umumnya dicari oleh para wisatawan di daerah Anda. Karena nantinya pada saat orang-orang di daerah Anda menuliskan “nama kota Anda + sesuatu yang mereka cari” di kolom mesin pencari melalui komputer ataupun telepon genggam mereka, Anda akan mudah ditemukan. Andai nama bisnis Anda tidak ada di sana, maka seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya, bisnis Anda sulit diketahui oleh orang-orang.
Akan kami tunjukkan beberapa cara untuk mendapatkan kesempatan diketahui lebih banyak orang sekaligus menambah pelanggan baru. Kerjakan setiap bagian dengan hati-hati dan lakukan beberapa aksi setiap harinya. Maka dalam waktu yang tidak lama, nama bisnis atau perusahaan Anda akan terbangun dengan sangat mudah. Jangan pernah menunda cara ini, karena Anda bisa saja dikalahkan oleh pesaing Anda.
  1. Buat Situs Web Mudah Ditemukan di Skala Lokal
Beberapa bisnis atau pun perusahaan (seperti perusahaan mobil dunia) menginginkan situs web mereka dapat menarik perhatian siapapun di mana saja. Namun jika Anda ingin mendapatkan pelanggan di beberapa area lokal tempat perusahaan/bisnis Anda berjalan, itu harus dilakukan dengan menggunakan  keterampilan yang khusus. Pada bab 2 kami menjelaskan bagaimana cara untuk menciptakan sebuah situs web. Untuk melokalisir keberadaan situs web atau jasa yang Anda berikan, Anda harus membuat mesin pencari mengerti dengan jelas apa yang disediakan oleh bisnis Anda tersebut.
1 Cantumkan alamat jelas keberadaan bisnis/perusahaan Anda di setiap halaman situs web Anda.
2 Cantumkan nama kota-kota yang menyediakan jasa Anda di halaman situs web Anda.
3 Berikan keterangan kota/kawasan lain yang berdekatan dengan tempat bisnis Anda dengan cara yang natural. Misalnya, “Kami Dapat Anda Temukan Di Dekat Kota X”.
4 Lakukan riset mengenai kata kunci untuk menemukan kata kunci yang lebih populer di kawasan lokal tempat berdirinya bisnis Anda. Untuk memudahkan riset tersebut Anda bisa melakukannya di Google Keyword Tool (https://adwords.google. com/select/KeywordToolExternal) yang bisa membuat Anda menemukan ide-ide segar dalam memilih kata kunci yang tepat.
  1. Buat Daftar Pencarian Anda
Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! menginginkan Anda untuk memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai bisnis/perusahaan yang Anda buat dengan memberikan alamat selengkap-lengkapnya, siapa yang harus dihubungi untuk mendapatkan informasi tentang bisnis Anda, jam beroperasi, dan lain sebagainya.
Hal-hal seperti itu dapat membuat pekerjaan mesin pencari lebih dimudahkan. Dan hal itu pun akan menguntungkan bisnis/perusahaan Anda.
Jika Anda belum melakukannya, membuat daftar info bisnis/perusahaan Anda, sebaiknya Anda lakukan saat ini juga.
Aplikasi Google Places – www.google.com/placesforbusiness
Aplikasi daftar tempat yang disediakan oleh Google ini juga bisa memberikan perbedaan yang signifikan ketika Anda mulai menggunakannya saat memulai sebuah bisnis lewat internet. Melalui aplikasi ini, Anda berarti membuat mesin pencari akan selalu memberikan informasi terbaru tentang bisnis/perusahaan Anda. Pastikan juga Anda melengkapi data bisnis/perusahaan Anda dengan foto/gambar ataupun video yang menunjukkan produk apa saja yang Anda tawarkan.
Meski informasi ini bisa dibilang berskala lokal, tak mendunia, namun ada baiknya Anda memperlakukan calon pelanggan Anda layaknya calon pelanggan yang berasal dari berbagai macam tempat.
  1. Mulailah Membangun Komunitas Bisnis Anda
Salah satu cara yang ampuh (dan menjadi strategi yang bagus untuk mendapatkan semua link situs web lokal di sekitar lokasi bisnis Anda) adalah dengan membuat grup lokal atau komunitas setempat ke dalam jejaring media sosial seperti Facebook atau LinkedIn.
Sebagai contoh, jika Anda membuka bisnis kedai kopi di Pusat Kota, mungkin Anda bisa menggunakan grup/komunitas bernama ‘Klub Pecinta Kopi di Pusat Kota’. Di dalam grup/komunitas yang Anda bangun itu Anda bisa mulai mempromosikan bisnis Anda tersebut di depan orang-orang yang bergabung dengan grup/komunitas itu.
Berikan obrolan-obrolan (promosi) yang bisa menarik perhatian pebisnislainnya sehingga mereka bersemangat untuk membicarakan tentang bisnis mereka, dan di saat yang bersamaan Anda juga sedang menunjukkan eksistensi dari bisnis Anda.
Metode seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi bisnis/perusahaan yang sudah besar. Jika Anda baru saja memulai bisnis Anda, cara ini sangatlah baik untuk membesarkan nama bisnis Anda, mencari pengikut baru, hingga mendapatkan ideide segar yang berasal dari area lokal tempat perusahaan/bisnis Anda berada.
#5 Bangun Komunitas dari Orang yang Mencintai Bisnis Anda

Bayangkan dunia di mana Anda mempunyai tidak hanya pelanggan tapi juga seorang penggemar, orang yang mencintai perusahaan dan mau mendengarkan Anda. Orang yang setia karena mereka tahu Anda, suka dengan Anda dan percaya Anda. Terdengar bagus bukan?
Dalam bab ini, akan ditunjukkan bagaimana Anda dapat mewujudkan itu semua dengan membantu membangun komunitas dari orang yang mencintai Anda dan bisnis Anda. Konten dari bab ini lebih maju dibandingkan dengan bab sebelumnya, tapi mari kita coba untuk menerjemahkan secara umum.
BagaimanaMembangun Komunitas Online
Kunci penting untuk membangun bisnis online adalah menarik komunitas yang loyal dan pengikutnya. Orang-orang yang mau mendengarkan Anda. Orang yang selalu kembali ke situs web Anda dan membantu kita untuk mengajak yang lainnya juga. Jadi, bagaimana cara Anda memulai menemukan fans semacam ini?
Mari kita jabarkan ke dalam beberapa poin:
  • Membuat konten yang berguna
  • Tetap membuat pembaca tertarik
  • Siapkan alasan untuk membuat mereka kembali lagi
Mari kita dalami tiap-tiap komponen ini.
  1. Membuat Konten yang Berguna
Seperti yang sudah didiskusikan di bab 2, konten dalam situs web Anda dapat datang dalam beberapa bentuk dan ukuran. Jika ketertarikan Anda terhadap bisnis, maka Anda harus banyak membicarakan tentang bisnis. Jika Anda adalah seorang perencana pernikahan, Anda dapat menambahkan beberapa tips pernikahan, foto dari kegiatan terakhir Anda atau beberapa paragraf pendek mengenai tren terakhir pernikahan.
Konten yang berguna dapat termasuk:
  • Beberapa seri dari blog yang dipajang
  • Foto
  • Tampilan web
  • Bagaimana dengan segmen audio
  • Gambar yang unik
  • Tulisan yang humoris
Selama target pengunjung Anda menemukan yang hal menarik, Anda akan menciptakan strategi untuk memenangkan konten.
Memiliki konten web yang digunakan secara sederhana ialah memiliki halaman web yang terdaftar produk dan jasa Anda. Tidak lagi. Jika Anda ingin membuat komunitas yang kesatuan dengan Anda, Anda hanya perlu untuk menjawab pertanyaan ini:
Setelah Anda mengidentifikasikan apa yang mau Anda katakan di situs web, ikuti 5 tahapan untuk menciptakan konten yang menarik tentang topik tersebut:
  1. Temukan suara Anda. Konten yang otentik adalah yang membangun komunitas. Mengetahui mengenai keunikan Anda. Bagaimana Anda menulis? Pastikan orang tahu bahwa itu adalah ucapan Anda.
  2. Temukan media yang membuat Anda nyaman. Jika Anda lebih nyaman dalam menulis, Anda mungkin mau menulis sebuah blog. Jika Anda suka di depan kamera, Anda dapat memulainya dengan beberapa seri video web.
  3. Fokus kepada mendidik, menghibur dan menginspirasi. Jangan menjual. Sebaliknya, kembali ke topik yang Anda kuasai. Anda dapat berbagi banyak informasi yang berguna di mana target pengunjung Anda ingin tahu banyak. Dapatkah Anda sebutkan apa yang Anda jual di konten Anda? Pasti. Tapi Anda harus menemukan komposisi yang seimbang.
  4. Temukan konsistensi, dengan “mereplika,” maksudnya adalah, jika sesuatu yang mudah dilakukan dengan bahan baru lagi dan lagi, seperti penulisan blog setiap minggu atau video web baru setiap bulan.
  5. Pengalaman, tes dan perubahan. Hal yang menyenangkan tentang konten online ialah bahwa Anda dapat merubahnya tanpa mengeluarkan uang. Lihat apa yang orang respon – mungkin artikel apa yang sangat mereka suka – untuk melihat bagaimana Anda dapat mengembangkan strategi konten Anda ke depannya.
  6. Membuat Pembaca Tertarik
Salah satu kesalahan terbesar yang banyak terjadi di berbagai bisnis adalah meluangkan semua waktu untuk membuat konten dan tidak cukup waktu untuk meraih konsumen untuk melihat konten mereka. Ini memang memakan waktu dan usaha, tapi sangat berguna. Tidak harus di angka yang besar, tidak semua trafik diciptakan sama. 20 orang mungkin cukup jika mereka medapatkan 20 orang yang tepat Ada beberapa cara untuk mendatangkan pengunjung. Berikut 6 contoh:
  1. Pencarian pada web. Pastikan bahwa kata kunci konten Anda relevan dengan industri atau produk atau jasa yang Anda sediakan. Jika kata kunci Anda banyak yang relevan dengan konten, pencarian pada web dapat mengerti tentang situs web seperti apa yang Anda punya dan cocok dengan orang yang mencari kata kunci tersebut.
  2. Forum. Forum diskusi dapat membantu Anda menemukan orang-orang yang berpandangan sama dan akan membagi konten Anda. Kunci dari memposting forum adalah tidak datang seperti pengedar konten. Tapi membantunya dan jangan memaksakannya. Cari beberapa forum yang relevan untuk bisnis atau industri Anda dan lihat apa yang orang–orang tulis. Suatu saat Anda dapat mengerti tentang percakapannya, maka tambahkan sudut pandang Anda dengan post atau komentar yang relevan.
  3. Blog. Saat Anda meninggalkan komen yang bijaksana dalam blog orang lain, sesuatu yang baik akan terjadi. Semua sistem komentar mengijinkan Anda untuk memasukkan foto atau nama di situs web Anda. Jika seseorang suka komentar kita, mereka akan mengklik situs web kita dan melihat isi konten kita.
  4. Situs web jejaring sosial. Ini dapat menjadi alat yang intensif, tapi paling berharga. Ini membutuhkan waktu dan bisnis untuk membangun pengikut dalam situs sosial media, tapi Anda dapat menjalin hubungan dengan berbagai macam orang dan berbagi konten kita ke beberapa situs sosial media.
  5. Iklan online. Ada banyak kemudahan biaya untuk membayar trafik online kepada pencari yang terpercaya. Coba kampanye bayar per klik di google adwords (http://adwords.google.com) untuk memulainya.
  6. Aset nyata Anda yang lainnya. Aset yang Anda gunakan saat untuk menunjukkan situs web Anda? Tanda di toko Anda? Signature email Anda? Kartu nama? Acara yang Anda datangi? Segalanya adalah kesempatan untuk membuat orang tau bahwa Anda menulis konten online yang bagus dan Anda mau mereka untuk melihatnya.
  7. Menjaga Mereka untuk Kembali Lagi
Ini adalah skenario yang sering kita lihat: seseorang menciptakan konten untuk bisnis barunya, membawa orang untuk melihat dan selanjutnya tidak kembali lagi.
Tapi jangan khawatir, hal ini dapat diperbaiki.
Yang harus dilakukan pertama: lihat apa yang Anda punya khususnya konten Anda. Apakah terlalu mempromosikan diri sendiri? Membosankan? Tidak konsisten? Jujur pada diri Anda sendiri. Tanyakan pekerja lain atau teman untuk melihat konten Anda dan tanyakan pendapat mereka. Dapatkah orang dengan mudah membagi dan berlangganan?
Apakah situs web Anda terlihat berantakan, atau terlalu sulit navigasinya? Jika benar, kembali ke bab 2 untuk tips supaya situs web Anda mudah navigasinya. Komposisi paling penting dalam resep Anda ialah interaksi. Apakah Anda merespon komentar di situs web Anda? Dalam situs jejaring sosial? Atau Anda meninggalkan mereka untuk beberapa hari tanpa respon? Anda tidak harus menjawab segalanya dalam secepatnya, tapi coba untuk memberikan sedikit waktu untuk pengunjung Anda. Interaksi menumbuhkan loyalitas. Respon ke setiap komen yang Anda terima Akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk melakukannya.
Yakin, itu berhasil. Tapi loyalitas sangat mahal harganya. Kuncinya adalah membuatnya menjadi sesimpel mungkin untuk konsumen Anda agar mereka menjadi loyal. Simpel bukan?
#6 Layani Pelanggan di Mana pun Mereka Berada

Ingat bahwa pelanggan Anda mungkin bersifat mobile, di dalam warung internet atau di rumah dan pastikan bahwa situs web Anda tersedia dan mudah untuk diakses para pelanggan.
Pikirkan tentang elemen dalam situs Anda yang sangat penting untuk dilihat pelanggan. Sebagai contoh, tidak semua perlengkapan mobile dilengkapi dengan pemutar video, Anda mungkin hanya mau untuk memasukan teks yang penting – petunjuk arah, jam operasional toko, lokasi, kontak informasi dan penawaran spesial. Ini beberapa tips yang perlu diingat:
  • Buat itu menjadi mudah. Ciptakan teks yang pendek dalam copy Anda, sehingga orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang relevan dalam halaman lain di situs.
  • Masukkan gambar yang simple yang dapat dilihat di layar yang lebih kecil. Contohnya, gambar muka lebih mudah dilihat dibandingkan foto banyak orang.
  • Hindari halaman yang tidak berguna dengan mengurangi nomor dari elemen dalam tiap halaman.
  • Pastikan nomor telepon terlihat dan terbaca.
Ketahui Apa yang Berhasil Melalui Pengukuran 
Pengukuran ialah salah satu topik penting saat memulai online dan mencoba membuat situs web. Yang lucu ialah banyak orang tidak menganggap hal ini penting. Kita mau tahu bagaimana untuk mendapatkan lebih banyak orang untuk situs web kita (trafik), bagaimana untuk memunculkan dalam hasil pencarian pada web dan bagaimana untuk menambahkan fans lebih banyak di sosial media.
Dan selain itu, yang paling penting seperti yang kita tampilkan di bab 1 sampai 6, tidak ada yang lebih penting dibandingkan:
Tingkatkan penjualan Anda!
Membalikkan kerja keras Anda dalam situs web menjadi penjualan adalah sebuah proses yang kita sebut perubahan di pemasaran online. Ini karena kita mengubah pengunjung situs web menjadi klien, pelanggan, kontak atau apapun yang Anda sangat inginkan. Ingat saat Anda menentukan tujuan Anda membuat situs web di bab 1? Anda mungkin tidak mengetahuinya, tapi Anda membicarakan mengenai pergantian apa yang Anda inginkan.
Dalam bab ini, akan ditunjukkan bagaimana menganalisa trafik situs web kita untuk melihat seperti apa jenis pergantian yang Anda dapatkan dan bagaimana cara untuk mengembangkan mereka. Perubahan dapat berarti perbedaan hal untuk perbedaan orang. Contohnya, jika Anda adalah kontraktor, Anda akan memutuskan bahwa perubahan adalah telepon dari pelanggan potensial yang menginginkan penawaran.
Perhitungan dan Analisis 
Memahami siapa, apa, kapan, di mana, dan kenapa dari pengunjung situs web kita adalah tahapan pertama untuk mengerti bagaimana mengembangkan bisnis kita. Ada 2 macam alat yang setiap pemilik situs web harus menggunakannya untuk mengerti tentang pengunjung mereka. Satu alat adalah apa yang pengunjung lakukan ketika mereka ada di situs kita dan yang lainnya ialah tipe semacam apa yang kita terima.
Tingkah Laku Pengunjung 
Google analytics (www.google.com/analytics) adalah alat gratis yang dapat menyediakan banyak masukan kedalam trafik situs web kita. Untuk mendapatkannya, Anda hanya butuh menyalin satu baris dari kode spesial ke dalam setiap halaman di situs web Anda. Alat ini kemudian menggunakan kode tersebut untuk memproduksi laporan untuk menunjukkan bagaimana orang datang ke situs web Anda dan apa yang mereka lakukan saat di dalam sana.
Ini adalah beberapa contoh dari laporan google analytics yang mungkin berguna untuk Anda:
  • Merujuk situs: Ini menceritakan pada Anda dari mana tamu situs web Anda berasal – dari link atau situs lainnya, pencarian pada web, atau yang lainnya. Sebagai contoh, jika Anda mempromosikan konten Anda di blog, ini akan membantu Anda untuk melihat bagaimana blog Anda bekerja.
  • Kata kunci (kata apa yang dicari untuk menemukan situs Anda): Apakah seseorang mencari kata “sepatu tenis” dan berakhir di situs Anda. Report ini menunjukkan kepada Anda semua kata kunci yang membawa pengunjung ke situs Anda. Dengan ini, Anda dapat merangkai konten Anda dengan menggunakan kata kunci yang sering mereka cari.
  • Konten berdasarkan judul: Ini menunjukkan kepada Anda konten apa di situs web Anda yang paling banyak pengunjungnya.
Ada banyak hal yang dapat Anda ukur setelah situs web Anda berjalan. 2 sumber daya yang membantu pengguna awam, yaitu :
  1. Memulai dengan petunjuk analisis di bagian memulai dari google analytics (www.google.com/analytics)
  2. Perubahan universitas (www.google.com/support/conversionuniversity) Jika Anda membuat situs web menggunakan google sebagai alat bisnis online Anda, lalu alat secara automatis akan melacak pengunjung situs web. Ini adalah tempat terbaik untuk memulai, tapi sekali Anda merasa nyaman, disarankan untuk bergerak ke analisa google karena itu dapat membantu Anda belajar lebih banyak mengenai pengunjung Anda.
Demografi Pengunjung
Jenis orang seperti apa yang mengunjungi situs web Anda? Berapa umur mereka? Gender atau kelamin mereka? Apakah mereka mendapatkan cukup banyak? Anda tidak akan tahu dengan pasti siapa yang mengunjungi situs Anda karena datanya tidak bernama dan dilihat secara menyeluruh, tapi Anda dapat belajar tentang tipe dari orang yang mengunjungi situs web Anda.
Beberapa alat baru dapat menunjukkan kepada Anda secara garis besar orang yang mengunjungi situs Anda. Ini penting, jika bisnis Anda adalah untuk penduduk senior lalu Anda mendapatkan bahwa pengunjung Anda di bawah umur 30 tahun, maka Anda akan mendapatkan masalah.
Ini tips untuk membantu Anda mengerti mengenai pelanggan: Kirimkan pertanyaan survey untuk pelanggan kita untuk mempelajari tentang bagaimana mereka dan kenapa mereka mengunjungi situs web Anda. Anda dapat menggunakan dokumen google (docs.google.com) untuk membuat form google yang dapat Anda letakkan dalam situs web Anda dan mengumpulkan jawaban dalam pengolah angka. Courtesy : Ebook bisnisgoonline

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

FTTH